dc.contributor.author | Madawati, Mahar Yani | |
dc.date.accessioned | 2015-04-18T06:54:29Z | |
dc.date.available | 2015-04-18T06:54:29Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Depdiknas 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003Tentang Sisdiknas. Jakarta. Depdiknas. [2] Direktorat Jendral PMPTK Departemen Pendidikan Nasional RI dan JICA. 2008. SISTTEMS (Strengthening In-Service Teacher Training Of Mathematics and Science Education At Junior Secendary Level. [3] Hendayana, Sumar dkk. 2006. LESSON STUDY Suatu Strategi Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung : FMIPA UPI dan JICA. [4] JICA. 2007. TEXTBOOK FOR THE COUNTRY FOCUSED TRAINING COURSE IN LESSON STUDY. Jepang [5] Sagor, R. 2006. Conducting Action Research-January 2006. (Online), (http://resources.curriculum.org/LSA/files/LSAactionresearchJan06.pdf), diakses 27 Maret 2014. [6] Syamsuri, Istamar dan Ibrohim. 2008. LESSON STUDY Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan; dipetik dari Program SISTEMS-JICA di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Malang : FMIPA UM. [7] Prastowo, Andi. 2012.Metode Penelitian Kualitaif dalam perspektif rancangan penelitian.Jogjakarata: AR-RUZZ MEDIA. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5727 | |
dc.description.abstract | Perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK) membawa pengaruh dalam
segala aspek, termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga pendidikan
di Indonesia perlu ditingkatkan, salah satu cara yang bisa dilakukan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan
meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas
pembelajaran dilakukan dengan berkolaborasi secara bersama-sama
untuk merancang pembelajaran yang baik. Hal ini dapat dilakukan
dengan melakukan kegiatan Lesson Study. Tujuan penelitian ini adalah
1) untuk mendiskripsikan penerapan Lesson Study di program studi
pendidikan matematika STKIP PGRI Pasuruan pada matakuliah
Kalkulus 2 tahun pelajaran 2013/2014, 2) Mendiskripsikan manfaat
Lesson Study dalam pembelajaran kalkulus 2 tahun pelajaran
2013/2014.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
secara diskriptif kualitatif dengan menerapkan model sagor’s. Dimana
pelaksanaan pembelajarannya sebanyak empat kali.Berdasarkan
kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan tahapantahapan
pada Lesson Study yaitu plan,do,see. Manfaat dari Lesson
Study adalah dosen dapat recharging pengetahuan serta dapat mengkaji
dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi mahasiswa sehingga
memungkinkan dosen untuk memikirkan tujuan jangka panjang yang
akan dicapai oleh mahasiswa. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Penerapan | in_ID |
dc.subject | Lesson Study | in_ID |
dc.subject | Prodi Pendidikan Matematika | in_ID |
dc.title | Penerapan Lesson Study pada Program Study Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pasuruan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |