dc.identifier.citation | [1] Pramudya, Ikrar. 2008. Ruang Solusi Sistem Diferensial Tundaan Melalui Pendekatan Aljabar. Disertasi. FMIPA, UGM, Yogyakarta. [2] Pusat Data dan Informasi Pendidikan. 2004. Sistem Informasi Statistik Pendidikan Nasional. PDIP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [3] Wahana Komputer. 1997. Panduan Lengkap: SPSS 6.0 for Windows. Andi Offset, Yogyakarta. [4] -------. 2001. Statistik Pendidikan SMP Tahun 1999/2000. PDIP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [5] -------. 2002. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2000/2001. PDIP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [6] -------. 2003. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2001/2002. PDIP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [7] -------. 2004. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2002/2003. PDIP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [8] Pusat Statistik Pendidikan. 2005. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2003/2004. PSP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [9] -------. 2006. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2004/2005. PSP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [10] -------. 2007. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2005/2006. PSP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [11] -------. 2008. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2006/2007. PSP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. [12] -------. 2009. Statistik Pendidikan SMP Tahun 2007/2008. PSP, Balitbang, Depdiknas, Jakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Kajian ini dilakukan dalam rangka mencari model dan prosedur untuk memproyeksi data
statistik sekolah menengah pertama negeri dari Provinsi Aceh dengan menerapkan konsep sistem
matematika. Data yang digunakan untuk simulasi adalah data runtun waktu sekolah menengah
pertama negeri tahun ajaran 1999/2000 sampai dengan 2007/2008. Data tersebut dipublikasikan
oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejalan dengan
konsep sistem matematika, model sistem proyeksi yang dicari dibangun oleh fungsi waktu. Dalam
arti, setiap variabel data diestimasi dengan kurva fungsi waktu. Selanjutnya, untuk penyederhanaan
masalah dan kepraktisan, kurva fungsi waktu tersebut dihampiri dengan kurva estimasi: linear,
logarithmic, inverse, quadratic, cubic, compound, power, S-curve, growth, atau exponential yang
tersedia pada program aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Pada akhirnya,
model sistem yang diinginkan dapat diperoleh dengan signifikansi cukup memuaskan. Hal itu terbukti
dari banyaknya jumlah kurva estimasi yang signifikan sebagai pembangun sistem. Hasilnya
menunjukkan bahwa konsep sistem matematika sangat mungkin diterapkan pada proyeksi data yang
kompleks setelah melalui proses penyesuaian. Akan tetapi, beberapa kurva estimasi merupakan
kurva polinomial sehingga perlu kehati-hatian pada saat mengimplementasikannya | in_ID |