Penentuan Beban Kerja pada Front Office dan Back Office Perusahaan Perbankan Menggunakan Uji Petik Pekerjaan
Abstract
Perusahaan perbankan sebagai lembaga yang mengelola keuangan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang prima harus didukung dengan kondisi beban kerja yang optimal. Oleh karena itu perusahaan perbankan perlu menjaga beban kerja karyawannya dalam kondisi yang seimbang antara volume pekerjaan dengan kemampuan pekerja. Pada penelitian ini dilakukan analisis beban kerja karyawan perbankan dengan menggunakan uji petik pekerjaan. Penelitian dilakukan di bagian front office(teller) dan back office(kliring dan transfer).Hasil perhitungan waktu baku bagian front officepada elemen kegiatan 1 sebesar 3,98 menit/lembar dan elemen kegiatan 2 sebesar 59.51 menit/unit. Back office bagian kliring untuk elemen kegiatan 1 sebesar 0,07 menit/lembar, elemen kegiatan 2 sebesar 2,43 menit/unit dan elemen kegiatan 3 sebesar 4,03 menit batch. Sedangkan back office bagian transfer untuk elemen kegiatan 1 sebesar 5,26 menit/lembar dan untuk elemen kegiatan 2 sebesar 0,86 menit/unit. Total waktu baku untuk bagian front office sebesar 457,54, back office bagian kiliring sebesar 188,61 dan back office bagian transfer sebesar 458,67 dengan perhitungan beban kerja masing-masing 1,09; 1,14 dan 1,09.