Show simple item record

dc.contributor.authorSetyaningsih, Rini
dc.contributor.authorSetyaningsih, N
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2012-03-19T05:19:52Z
dc.date.available2012-03-19T05:19:52Z
dc.date.issued2011-07
dc.identifier.citationAbdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta. Handayani, Dwi. 2005. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kartika, Ridwin. 2004. Pembelajaran Matematika dengan Pedekatan Kontekstual pada Pokok Bahasan Volum dan Luas Sisi Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Moleang, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Oemar, Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. Uno, Hamzah. B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-131-1
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/576
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri I Gumpang sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 37 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran. Hal ini dapat dilihat dari 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi a) mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 5,41 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 69,44 %, b) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 13,51 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 77,78 %, 2) kreativitas siswa dalam memanipulasi media pembelajaran sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 61,11 %, 3) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaanen_US
dc.publisherMUPen_US
dc.subjectPemahaman_konsepen_US
dc.subjectPendekatan_kontekstualen_US
dc.subjectBarang_bekasen_US
dc.subjectMedia_pembelajaranen_US
dc.titlePENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record