dc.contributor.author | Mukhafifah, Mukhafifah | |
dc.contributor.author | Khotimah, Rita P. | |
dc.date.accessioned | 2012-03-19T05:24:11Z | |
dc.date.available | 2012-03-19T05:24:11Z | |
dc.date.issued | 2011-07 | |
dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta, Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta. Hamalik, Oemar, 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara. Ridwan, 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar. http://ridwan202.wordpress.com/2008/05/03/ ketercapaian-prestasi-belajar/diakses 10 Februari 2009,12.50. Sardiman, AM 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta, Raja Grafindo Persada. Sarjuli,dkk.2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS. Sudjana, Nana.2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sugiyono.2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-636-131-1 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/577 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Surakarta II tahun 2008/2009 sebanyak tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas, yaitu 36 siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol dan 36 siswa kelas VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama pada = 5%, diperoleh : (1) Fhitung= 28,33 > Ftabel = 3,99 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Fhitung = 23,76 > Ftabel = 3,14 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Fhitung = 1,75 < Ftabel = 3,14 sehingga tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. | en_US |
dc.publisher | MUP | en_US |
dc.subject | Pembelajaran | en_US |
dc.subject | matematika | en_US |
dc.subject | team quiz | en_US |
dc.subject | learning cell | en_US |
dc.subject | aktivitas | en_US |
dc.title | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN LEARNING CELL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA | en_US |
dc.type | Article | en_US |