Analisis Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Metakognisi
View/ Open
Date
2015-03-07Author
Safitri, Khoirul Rohmah
Saleh, Minhayati
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi peserta didik dalam
memecahkan masalah matematika di kelas XI SMA NU 01 Al-Hidayah
Kendal.Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dideskripsikan untuk
mendapat gambaran metakognisi pesertadidik dalam masalah matematika. Oleh
karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas XI yang heterogen. Peserta didik diberikan soal tes
kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu, kemampuan tinggi, sedang
dan rendah. Tiap kelompok diambil 2 subjek untuk diwawancarai guna mendapatkan
data yang lebih kredibel. Kemudian data dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan
dari masing-masing kelompok. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik
kemampuan tinggi memiliki metakognisi reflective use, kemampuan sedang
memiliki metakognisi strategice use, kemampuan rendah memiliki metakognisi
aware use dan tacit use.Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan
informasi dan bahan masukan tenaga pendidik, kepala sekolah, para peneliti, dan
semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan IAIN Walisongo Semarang.