dc.identifier.citation | [1] Khoiriah, Siti,Analisis Metakognisi Peserta didik dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Ma’arif NU Ngaban, Skripsi, Surabaya: Program Sarjana IAIN Sunan Ampel,2011. [2] Shadiq, Fadjar, Metakognisi: Apa dan Mengapa Penting?, http:// p4tkmatematika.org /2013/12/ metakognisi-apa-dan-mengapa-penting/, diakses 4 Desember 2013 [3]Schunk, Dale H, Learning Theoris. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012. [4] Mahromah, LailyAgustina, Identifikasi Tingkat Metakognisi Peserta didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika,MATHEdunesa, Vol 02, No. 01, 2013. [5] Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan”, Bandung: Alfabeta, 2010. [6] Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan” Bandung: Alfabeta, 2010. [7] Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Prenada Media Group, 2007. [8] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi peserta didik dalam
memecahkan masalah matematika di kelas XI SMA NU 01 Al-Hidayah
Kendal.Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dideskripsikan untuk
mendapat gambaran metakognisi pesertadidik dalam masalah matematika. Oleh
karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas XI yang heterogen. Peserta didik diberikan soal tes
kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu, kemampuan tinggi, sedang
dan rendah. Tiap kelompok diambil 2 subjek untuk diwawancarai guna mendapatkan
data yang lebih kredibel. Kemudian data dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan
dari masing-masing kelompok. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik
kemampuan tinggi memiliki metakognisi reflective use, kemampuan sedang
memiliki metakognisi strategice use, kemampuan rendah memiliki metakognisi
aware use dan tacit use.Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan
informasi dan bahan masukan tenaga pendidik, kepala sekolah, para peneliti, dan
semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan IAIN Walisongo Semarang. | in_ID |