Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Positif pada Sekolah Menengah Pertama yang Berlatar Belakang Berbeda
Abstract
Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui
sejauhmana pemahaman guru mengenai pendidikan
karakter dan bagaimana praktik pendidikan karakter di
sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif. Pengambilan data menggunakan kuesioner
terbuka. Subjek adalah para guru yang mengampu mata
pelajaran PAI dan PKN di Sekolah Menengah Pertama di
Solo. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara
purposif didasarkan pada keragaman jenis data. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa responden
memahami maksud dan tujuan pendidikan karakter, 2)
Penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan tiga
cara yaitu: melalui metode pemahaman, metode
pembiasaan, dan metode keteladanan; dan 3) Ketiga
elemen utama pendidikan karakter belum terintegrasi
dengan baik.