Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Positif pada Sekolah Menengah Pertama yang Berlatar Belakang Berbeda
dc.contributor.author | Taufik | |
dc.date.accessioned | 2015-05-08T06:07:53Z | |
dc.date.available | 2015-05-08T06:07:53Z | |
dc.date.issued | 2013-12 | |
dc.identifier.citation | Agboola, A., & Tsai, K.C. Althof, W., & Berkowitz, M.W. Berkowitz, M.W., & Hoppe, M.A. Elmubarok, Z. French revolution. New York: D&M Publishers Inc. Khan, Y. Publishing. Lickona, T. karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Osher, D., Bear, G.G., Sprague, J.R., & Doyle, W. school discipline? Educational Research, 39, 48-58. Prestwich, D.L. Community Journal, 14, 139-250. Richardson, R.C., Tolson, H., Huang, T.Y., & Lee, Y.H. education: lessons for teaching social and emotional competence. Children & Schools, 31, 71-78. Samani, M., & Hariyanto. Taufik Taylor, A.S., LoSciuoto, L., Fox, M., Hilbert, S.M., & Sonkowsky, M. | in_ID |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5850 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pemahaman guru mengenai pendidikan karakter dan bagaimana praktik pendidikan karakter di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan kuesioner terbuka. Subjek adalah para guru yang mengampu mata pelajaran PAI dan PKN di Sekolah Menengah Pertama di Solo. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposif didasarkan pada keragaman jenis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa responden memahami maksud dan tujuan pendidikan karakter, 2) Penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan tiga cara yaitu: melalui metode pemahaman, metode pembiasaan, dan metode keteladanan; dan 3) Ketiga elemen utama pendidikan karakter belum terintegrasi dengan baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pendidikan karakter | in_ID |
dc.subject | psikologi positif | in_ID |
dc.subject | guru | in_ID |
dc.title | Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Positif pada Sekolah Menengah Pertama yang Berlatar Belakang Berbeda | in_ID |
dc.type | Technical Report | in_ID |