Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus di PT Aneka Adhilogam)
Abstract
Agar suatu perusahaan bisa berkembang, maka perusahaan dituntut untuk terus menerus meningkatkan kinerjanya. PT Aneka Adhilogam merupakan salah satu perusahaan pengecoran logam yang sedang berkembang di daerah Ceper, Klaten. Untuk meningkatkan kinerja PT Aneka Adhilogam, maka perlu dilakukan pengukuran kinerja PT Aneka Adhilogam. Salah satu metode pengukuran kinerja adalah dengan Balance Scorecard. (BSC). Metode BSC mengukur kinerja dalam empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa dilihat dari perspektif keuangan yang terdiri dari analisis Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Total Asset Turnover (TATO) dan Profit Margin On Sales (PMS) menunjukkan nilai yang baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mengukur langkah-langkah perusahaan menciptakan pertumbuhan dan peningkatan kinerja karyawannya. Pengukuran ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi 12 pernyataan mengenai perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kepada 40 karyawan. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner yang telah disebarkan dan di isi oleh para karyawan, didapat indek pembelajaran dan pertumbuhan 1780 (baik). Perspektif bisnis internal dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi 20 pernyataan mengenai proses bisnis internal kepada 40 karyawannya. Berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan dan di isi oleh para karyawan, didapat indek sebesar 3137 (baik), sehingga dapat dikatakan bahwa proses kegiatan bisnis internal yang telah perusahaan terapkan saat ini sudah baik. Perspektif Pelanggan menunjukan bahwa, kinerja perusahaan pada tahun 2011-2013 menunjukkan nilai yang baik. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya jumlah pelanggan baru dan bertambahnya pelanggan tetap sedangkan jumlah pelanggan yang melakukan komplain menurun. Hasil analisis perhitungan customer satification berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan dan di isi oleh para pelanggan, menunjukan nilai indek sebesar 2034 (baik), sehingga bisa dikatakan bahwa pelanggan sudah puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan.