Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau di Semarang
Abstract
Kepedulian manusia terhadap lingkungan telah semakin meningkat dan menuntut pelaku bisnis memberikan solusi permasalahan lingkungan melalui pemasaran produk hijau. Jenis kelamin merupakan salah satu faktor demografi yang diduga berpengaruh terhadap pembelian produk hijau. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perilaku pembelian produk hijau antara laki-laki dan perempuan.Metode penelitian yang digunakan adalah survei.Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan model regresi berganda.Kuesioner digunakan untuk pengambilan data sampel konsumen produk hijau di Semarang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen perempuan memiliki kepedulian lingkungan lebih besar dibandingkan konsumen laki-laki.Konsumen perempuan memiliki perilaku pembelian produk hijau lebih besar pada semua variabel lingkungan dibandingkan laki-laki.Direkomendasikan strategi pemasaran untuk konsumen laki-laki adalah diberikan iklan berisi pentingnya informasi pelestarian lingkungan.Konsumen perempuan diberikan informasi tentang banyaknya masalah yang terjadi pada lingkungan serta kerugian yang ditimbulkannya.