Evaluasi Metode dan Kriteria Usability Testing pada Aplikasi Mobile untuk Anak-Anak Sekolah Dasar di Indonesia
Date
2015-03Author
Nalurita, Ririn
Yogasara, Thedy
Hariandja, Johanna
Metadata
Show full item recordAbstract
Makalah ini menyajikan tahapan awal dari penelitian yang akan dilakukan, yaitu mengenai usability testing dengan anak-anak sebagai user. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap metode usability testing untuk anak-anak usia 7 sampai 11 tahun. Usability dapat diartikan sebagai sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuannya dengan efektif, efisien, dan memuaskan dalam suatu konteks penggunaan tertentu. Secara umum, usability merupakan tingkat kemudahan suatu produk untuk digunakan atau dipelajari, atau dengan kata lain apakah produk tersebut user-friendly. Usability atau tingkat kemudahan penggunaan sangat terkait dengan bidang keilmuan Human-Computer Interaction (HCI).Berbagai kesulitan perancangan suatu produk atau aplikasi pada anak dipengaruhi oleh sulitnya memperoleh data mengenai kemampuan anak menggunakan suatu produk atau aplikasi, sehingga diperlukan suatu metode yang efektif dan efisien untuk menguji kemampupakaian suatu produk atau aplikasi pada anak-anak. Prosedur penelitian ini yaitu membandingkan berbagai metode evaluasi usability testing dengan user anak-anak guna memperoleh metode yang paling sesuai dengan karakteristik anak-anak.Metode yang digunakan antara lain thinking aloud, active intervention, retrospection, co-discovery, dan peer tutoring.Analisis data yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah meninjau pengaruh karakteristik anak terhadap kesesuaian metode evaluasi.