Show simple item record

dc.contributor.authorNalurita, Ririn
dc.contributor.authorYogasara, Thedy
dc.contributor.authorHariandja, Johanna
dc.date.accessioned2015-05-12T07:06:45Z
dc.date.available2015-05-12T07:06:45Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationBruckman, A., Bandlow, A., dan Forte, A. (2007), HCI For Kids,in Julie Jacko and Andrew Sears (Eds.) Handbook of Human-Computer Interaction, Second edition, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. Hanna, L., Risden, K., Alexander, K. J. (1997), Guidelines for Usability Testing with Children. InteractionsSeptember/October, 9–14. Kesteren, I., Bekker, M., Vermeeren, A., dan Lloyd, P. (2003), Assessing Usability Evaluation Methods On Their Effectiveness To Elicit Verbal Comments From Children Subjects, Proceedings of the 2003 Conference on Interaction Design and Children. New York, USA, Leventhal, L., dan Barnes, J.A. (2007). Usability Engineering: Process, Products, and Examples. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.,. Markopoulos, P., dan Bekker, M., (2003), On The Assessment Of Usability Testing Methods For Children, Interacting with Computers: the Interdisciplinary Journal of Human-Computer Interaction, 15, 2(2003), 227-243. Nielsen, J., (1993),Usability Engineering,London: Academic Press. Rubin, J., and Chisnell, D, (2008), Handbook Of Usability: How to Plan, Design, and Conduct Effective Test, Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.,. Vermeeren, A., Bekker, M., Kesteren, I., dan Ridder, H., (2007), Experiences with Structured Interviewing of Children During Usability Test, Proceedings of the 21st British HCI Group Annual Conference on People and Computers, British, UK, September 03.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5891
dc.description.abstractMakalah ini menyajikan tahapan awal dari penelitian yang akan dilakukan, yaitu mengenai usability testing dengan anak-anak sebagai user. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap metode usability testing untuk anak-anak usia 7 sampai 11 tahun. Usability dapat diartikan sebagai sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuannya dengan efektif, efisien, dan memuaskan dalam suatu konteks penggunaan tertentu. Secara umum, usability merupakan tingkat kemudahan suatu produk untuk digunakan atau dipelajari, atau dengan kata lain apakah produk tersebut user-friendly. Usability atau tingkat kemudahan penggunaan sangat terkait dengan bidang keilmuan Human-Computer Interaction (HCI).Berbagai kesulitan perancangan suatu produk atau aplikasi pada anak dipengaruhi oleh sulitnya memperoleh data mengenai kemampuan anak menggunakan suatu produk atau aplikasi, sehingga diperlukan suatu metode yang efektif dan efisien untuk menguji kemampupakaian suatu produk atau aplikasi pada anak-anak. Prosedur penelitian ini yaitu membandingkan berbagai metode evaluasi usability testing dengan user anak-anak guna memperoleh metode yang paling sesuai dengan karakteristik anak-anak.Metode yang digunakan antara lain thinking aloud, active intervention, retrospection, co-discovery, dan peer tutoring.Analisis data yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah meninjau pengaruh karakteristik anak terhadap kesesuaian metode evaluasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectDesain Interaksiin_ID
dc.subjectHuman-Computer Interaction (HCI)in_ID
dc.subjectUsability Testingin_ID
dc.subjectUser-Friendlyin_ID
dc.titleEvaluasi Metode dan Kriteria Usability Testing pada Aplikasi Mobile untuk Anak-Anak Sekolah Dasar di Indonesiain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record