Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Diana Puspita
dc.contributor.authorPurwanggono, Bambang
dc.contributor.authorYuli, Silviana
dc.date.accessioned2015-05-12T07:20:46Z
dc.date.available2015-05-12T07:20:46Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationChandra, G., dan Tjiptono, F., 2007, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta : ANDI. Gasperz, V., 2003, ISO 9001:2000 and Continual Quality Improvement, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Gaspersz, V., 2002, Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi dengan ISO 9001:2000, MBNQA, dan HA, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka. Hijriafitri, C., Marchaban dan Sumarni, 2011, Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Penerapan ISO 9001:2000 di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol. 1, No.2, hal. 77-83 Kotler, P., 2003, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT.Prenhallindo. Liao , R.C., and Yu P.C., 2007, Combining ISO 9001:2000 QMS and PZB Gap Model to Reach Customer Satisfactioan-An Integrated Approach and Empirical Study, Journal of Quality Standard: ISO 9000 etc, pp. 02-08. Parasuraman, Zeithaml, and Berry, 1990, Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations, New York : Macmillan Publishing Company. Susilowati, Sukirman dan Sumaryati, 2013, Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMA Batik 1 Surakarta, JUPE UNS, Vol. 1, No. 2, hal 1-12 Tjiptono, F., 1996, Manajemen Jasa, Yogyakarta : ANDI. Tricker, R., 2005, ISO 9001 : 2000 for Small Businesses, Oxford : Elsevier Butterworth-Heinemann. Umar, H., 2002, Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, Jakarta : Gramedia Pustaka Utamain_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5894
dc.description.abstractLaboratorium Klinik Cito merupakan salah satu Laboratorium Klinik Kesehatan yang memiliki banyak cabang dan berpusat di Kota Semarang. Manajemen perusahaan menyadari bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan pihak Laboratorium harus selalu ditingkatkan dalam mendukung keberadaan Laboratorium Klinik Kesehatan tersebut sesuai dengan fungsinya di masyarakat. Begitu juga di Laboratorium Klinik Cito Cabang Dr. Cipto. Selama ini pihak manajemen hanya melakukan perbaikan berdasarkan kritik dan saran yang mereka terima. Sedangkan mereka menyadari bahwa pelanggan yang tidak puas dalam menerima pelayanan kesehatan di Laboratorium Klinik Cito Cabang Dr. Cipto tidak semuanya menyalurkan ketidakpuasannya dalam bentuk kritik dan saran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan, mengukur kualitas pelayanan berdasarkan besarnya gap 1, gap 4 dan gap 5 dengan metode PZB Gap Model dan memberikan usulan perbaikan bagi perusahaan serta rekomendasi prosedur ISO 9001:2000. Dalam metode PZB Gap Model, pengukurannya meliputi 5 dimensi kualitas jasa, yaitu Nyata, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Kesenjangan yang diukur adalah kesenjangan antara persepsi pihak manajemen dan ekspektasi pelanggan (Gap1), antara komunikasi eksternal pihak marketing ke pelanggan dengan kemampuan karyawan pelaksana dalam memberikan pelayanan (Gap4), dan antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan (Gap5). Dalam menyusun rekomendasi prosedur ISO 9001:2000, disesuaikan dengan gap yang muncul dan dilakukan brainstorming dengan penanggung jawab pengendalian dan pencatatan dokumen serta pihak SDM. Dari hasil penelitian diketahui bahwa untuk gap 1, nilai Servqual bernilai positif, yang berarti pihak manajemen sudah memahami keinginan pelanggan. Untuk gap 4 bernilai negative, yang berarti bahwa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan tidak sesuai dengan janji-janji pihak marketing. Sehingga dilakukan rekomendasi prosedur pemasaran, penanganan complain, penanganan produk atau layanan yang tidak sesuai, pelatihan karyawan dan tanggap darurat listrik padam.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectISO 9001:2000in_ID
dc.subjectKepuasan pelangganin_ID
dc.subjectPZB Gap Modelin_ID
dc.titleIntegrasi Iso 9001:2000 dengan PZB Gap Model Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan di Laboratorium Klinik CITO Semarangin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record