• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    305_315 KHAIRUDIN.pdf (203.6Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Khairuddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas IX-A di SMP Negeri 1 Yogyakarta dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Kemmis Mc Taggart. Desain penelitian tindakan kelas tersebut dikelompokkan atas empat tahapan, yaitu: (a) Perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 33 siswa kelas IX-A di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar matematika siswa, dan angket minat belajar matematika siswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang didukung dengan analisis data secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan minat belajar dari sebelum melaksanakan pembelajaran metode penemuan terbimbing maupun antar siklus pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika, minat belajar matematika siswa kelas IX-A SMP N 1 Yogyakarta dapat ditingkatkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5958
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV