Buku Bacaan Anak Berbasis Karakter Sebagai Sumber Belajar Matematika di Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2015-03-07Author
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz
Apriliya, Seni
Muliyasari, Desiani Natalina
Andriani, Eli Nurlela
Pratiwi, Vira
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini didasarkan pada masih kurangnya sumber bacaan
untuk mendukung pendidikan karakter dan pembelajaran matematika SD di
Indonesia. Kemampuan membaca memiliki peran dalam membangun
kompetensi matematis siswa karena konteks matematis dalam teks dapat
dipahami melalui kemampuan membaca yang baik. Buku bacaan anak dapat
dijadikan sebagai media pembelajaran matematika serta media
pengembangan karakter sekaligus. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
dan mengembangkan model buku bacaan berbasis karakter sebagai sumber
belajar matematika di SD yang dilakukan melalui model penelitian
Educational Design Research. Penelitian ini melibatkan dosen, mahasiswa,
guru, dan siswa SD. Buku bacaan anak yang dikembangkan memuat konsep
pecahan untuk siswa kelas III SD serta mengandung pendidikan karakter yang
terdapat pada kompetensi dasar aspek sikap sesuai Kurikulum 2013. Hasil
penelitian ini berupa model serta prinsip desain dan model pengembangan
buku bacaan berbasis karakter sebagai sumber pembelajaran matematika di
SD serta respon positif guru dan siswa terhadap buku bacaan yang telah
dikembangkan.