dc.contributor.author | Lidinillah, Dindin Abdul Muiz | |
dc.contributor.author | Apriliya, Seni | |
dc.contributor.author | Muliyasari, Desiani Natalina | |
dc.contributor.author | Andriani, Eli Nurlela | |
dc.contributor.author | Pratiwi, Vira | |
dc.date.accessioned | 2015-05-13T02:33:51Z | |
dc.date.available | 2015-05-13T02:33:51Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Azad, Antoinette (2008). Children’s Literature and Math : How ELLs Benefit. Master Thesis Hamline University. Minnesota. [2] Kemendikbud (2013). Standar Isi SD, MI, dan SLBSD. Jakarta :Kemendikbud. [3] Haury, David L. (2001). Literature Based Mathematics in elementary School. Colombus USA: ERIC Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environmental Education. [4] Jones, J. C. (2012). Visualizing Elementary and Middle School Mathematics Methods. Denver USA: John Wiley and Sons. [5] Lickona, Thomas (1992). Education for Character, How Our School Teach Respect and Responsibility. New York : Bantam Books. [6] NCTM (1989). Curriculum and Evaluation Standards For School Mathematic. Virginia : NCTM. [7] NCTM (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia : NCTM. [8] Plomp (2007). “Educational Design Research : An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institute for Curriculum Development [9] van den Akker, J. et al., (2006). “Introducing Educational Design Research”, dalam Educational Design Research. New York : Routledge | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5960 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini didasarkan pada masih kurangnya sumber bacaan
untuk mendukung pendidikan karakter dan pembelajaran matematika SD di
Indonesia. Kemampuan membaca memiliki peran dalam membangun
kompetensi matematis siswa karena konteks matematis dalam teks dapat
dipahami melalui kemampuan membaca yang baik. Buku bacaan anak dapat
dijadikan sebagai media pembelajaran matematika serta media
pengembangan karakter sekaligus. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
dan mengembangkan model buku bacaan berbasis karakter sebagai sumber
belajar matematika di SD yang dilakukan melalui model penelitian
Educational Design Research. Penelitian ini melibatkan dosen, mahasiswa,
guru, dan siswa SD. Buku bacaan anak yang dikembangkan memuat konsep
pecahan untuk siswa kelas III SD serta mengandung pendidikan karakter yang
terdapat pada kompetensi dasar aspek sikap sesuai Kurikulum 2013. Hasil
penelitian ini berupa model serta prinsip desain dan model pengembangan
buku bacaan berbasis karakter sebagai sumber pembelajaran matematika di
SD serta respon positif guru dan siswa terhadap buku bacaan yang telah
dikembangkan. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | buku bacaan anak | in_ID |
dc.subject | educational design research | in_ID |
dc.subject | karakter | in_ID |
dc.subject | dikembangkan | in_ID |
dc.title | Buku Bacaan Anak Berbasis Karakter Sebagai Sumber Belajar Matematika di Sekolah Dasar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |