dc.contributor.author | Muklis, Yoga Muhamad | |
dc.contributor.author | Setyaningsih, Nining | |
dc.date.accessioned | 2015-05-13T08:36:42Z | |
dc.date.available | 2015-05-13T08:36:42Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Joesoef, Daoed, 2008 . “ Konsep Dulu, Baru Uang”. Kompas, 3 September 2008 [2] Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Jakarta: BPSDMP dan PMP Kemdikbud. [3] Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. [4] Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud [5] Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2 Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud [1] Lewis, Catherine C. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better School, Inc. [6] Mudyaharjo,Redja. 2001. Pengantar Pendidikan: sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya danpendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada. [7] Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [8] Wijaya, Adi. 2013. Pentingnya Analisis Buku Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: PPPPTK Matematika | in_ID |
dc.identifier.issn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5965 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah buku siswa
kurikulum 2013 kelas VII SMP pelajaran matematika semester 1 dan semester
2 sudah disajikan sesuai dengan implementasi pendekatan scientific dan
penilaian autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen analisis
kesesuaian buku ditinjau dari implementasi pendekatan scientific dan penilaian
autentik. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara
memberikan gambaran mengenai isi buku. Instrumen yang digunakan adalah
lembar penskoran analisis kesesuaian buku, serta lembar validasi instrumen
analisis kesesuaian buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode dokumentasi dan observasi serta wawancara untuk memperoleh data
pendukung. Hasil analisis kesesuaian buku dengan pendekatan scientific, buku
siswa kurikulum 2013 kelas VII SMP pelajaran matematika semester 1
memiliki kesesuaian sebesar91.875 % dengan kategori sangat baik dan
semester 2 sebesar 97.5% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis
kesesuaian buku dengan penilaian autentik, buku siswa kurikulum 2013 kelas
VII SMP pelajaran matematika semester 1 memiliki kesesuaian sebesar93.75%
dengan kategori sangat baik dan semester 2 sebesar 96.094% dengan kategori
sangat baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Analisis Buku | in_ID |
dc.subject | Kurikulum 2013 | in_ID |
dc.subject | Pendekatan Scientific | in_ID |
dc.subject | Penilaian Autentik | in_ID |
dc.title | Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Scientific dan Penilaian Autentik | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |