Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi
Abstract
Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi pembelajaran
matematika dalam tradisi melemang masyarakat kerinci yaitu masyarakat Tiga desa ( Koto Lolo, Koto
Bento, Koto Tengah) Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh, jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis bertujuan untuk mendapatkan informasi
selengkap mungkin mengenai implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Metode
pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis
dengan reduksi data, sajian data, verifikasi, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dalam tradisi melemang terdapat pembelajaran matematika pada materi dan dapat disimpulkan bahwa
hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tradisi masyarakat melakukan aktivitas matematika serta
Penerapan etnomatematika sebagai sarana untuk memotivasi, menstimulasi siswa, dapat mengatasi
kejenuhan dan memberikan nuansa baru pada pembelajaran matematika. Penelitian ini terfokus pada
satu subkajian objek saja yaitu tradisi melemang dan implementasinya dalam pembelajaran
matematika pada materi tabung, diharapkan pada penelitian selanjutnya lebih dikembangkan pada jenis
dan tradisi budaya masyarakat yang lainnya serta dikaji agar lebih efisien dan efektif dalam
pembahasannya (mendalam dan terarah).