Peran Permainan Ular Tangga dalam Pembentukan Karakter pada Pembelajaran Matematika Realistik
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk
pada pembelajaranmatematika realistik berbasis permainan ular tangga.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui
kegiatan observasi dengan bantuan lembar observasi. Subjek penelitian adalah
kelas IVB SDN Tunjungsekar 3 Malang yang mengikuti pembelajaran dengan
permainan ular tangga di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
melalui kegiatan bermain ular tangga, siswa belajar menyelesaikan masalahmasalah
realistik yang melibatkan pengetahuan matematika dengan cara
menyenangkan. Selain itu, aturan permainan yang digunakan secara tidak
langsung membiasakan siswa melakukan perbuatan positif atau membentuk
karakter positif. Karakter yang terbentuk, yaitu jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bertanggung
jawab. Karakter tersebut merupakan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa
Indonesia yang dapat membekali siswa dalam menghadapi perkembangan
IPTEK. Hal ini sejalan dengan keberadaan permainan ular tangga yang sejak
awal digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral.