Show simple item record

dc.contributor.authorRahaju
dc.date.accessioned2015-05-18T06:34:53Z
dc.date.available2015-05-18T06:34:53Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Agustina, Nanik. 2008. Permainan Ular Tangga Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kebonagung 06 Pakisaji Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: PGSD – FKIP UM [2] Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas. [3] Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas. [4] Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press. [5]Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Jakarta: Pustaka Pelajar. [6] Wulandari, Niken. 2013. Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Bilangan Romawi pada Siswa Kelas IV MI Sunan Kalijogo Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5982
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk pada pembelajaranmatematika realistik berbasis permainan ular tangga. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi dengan bantuan lembar observasi. Subjek penelitian adalah kelas IVB SDN Tunjungsekar 3 Malang yang mengikuti pembelajaran dengan permainan ular tangga di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain ular tangga, siswa belajar menyelesaikan masalahmasalah realistik yang melibatkan pengetahuan matematika dengan cara menyenangkan. Selain itu, aturan permainan yang digunakan secara tidak langsung membiasakan siswa melakukan perbuatan positif atau membentuk karakter positif. Karakter yang terbentuk, yaitu jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab. Karakter tersebut merupakan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang dapat membekali siswa dalam menghadapi perkembangan IPTEK. Hal ini sejalan dengan keberadaan permainan ular tangga yang sejak awal digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpembentukankarakterin_ID
dc.subjectpermainan ular tanggain_ID
dc.subjectpembelajaran matematika realistikin_ID
dc.titlePeran Permainan Ular Tangga dalam Pembentukan Karakter pada Pembelajaran Matematika Realistikin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record