Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa
Abstract
Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model
pembelajaran matematika yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Pembelajaran
ini menekankan siswa untuk menguasai matematika bukan hanya melalui hafalan
yang bersifat sementara, melainkan siswa dibekali penguasaan pengetahuan
matematika untuk menghadapi tantangan masa depan. Pada aktivitas CTL, siswa
mengajukan masalah-masalah kontekstual yang sesuai dengan kehidupan nyata,
kemudian dibimbing secara bertahap oleh guru untuk menemukan solusi
permasalahan dan menguasai konsep-konsep matematika. Selama proses
pembimbingan oleh guru, antarsiswa melakukan diskusi, menerima berbagai
masukan agar mampu mengembangkan konsep yang telah dimiliki. Melalui
CTL, siswa akan terampil untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
Selain itu, kegiatan pembelajaran matematika dengan CTL mampu membuat
siswa berkembang daya nalarnya sehingga menjadi pribadi yang kreatif dan
kritis. Kreativitas matematika siswa terbentuk dengan cara
menghubungkan/menemukan masalah-masalah kontekstual di lingkungan
sekitarnya, kemudian dengan kemampuannya siswa mengkonstruksi, merancang,
dan membuat model matematikanya, kemudian mengkomunikasikan solusi dari
masalah tersebut kepada guru maupun teman-temannya. Kegiatan tersebut
tentunya akan menumbuhkan pikiran kreatif siswa. Oleh karena itu, penerapan
CTL dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif solusi untuk
meningkatkan kemampuan kreativitas matematika siswa dalam menyelesaikan
permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun menciptakan
pengetahuan baru.