dc.contributor.author | Sardin | |
dc.contributor.author | Purnomo, Mega Eriska Rosari | |
dc.date.accessioned | 2015-05-18T06:46:46Z | |
dc.date.available | 2015-05-18T06:46:46Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. Disertasi UPI. Tidak diterbitkan. [2] Hamzah. 2008. Teori Belajar Konstruktivisme. http://www.duniaguru.com. Diakses tanggal 3 Maret 2015 [3] Johnson, E.B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan Prof. Dr. A. Chaedar Alwasilah. Jakarta: Penerbit MLC. [4] Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A, Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran. [5] Khabibah, S. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi UNESA. Tidak diterbitkan. [6] Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media. [7] Michalko, M. 2005. CQ: Apakah Anda Kreatif? Cara Ampuh Meningkatkan Kecerdasan Anda. Terjemahan Rekha Trimaryoan. Jakarta: Prestasi Pustakarya. [8] Munandar. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo. [9] Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas. [10] Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [11] Siswono, T.E.Y. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi UNESA. Tidak diterbitkan. [12] Turnudi, 2008. Landasan Filsafat Dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif Dan Investigatif). Jakarta : Leuser Cita Pustaka. [13] Supriadi. 1994. Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta. [14] Wasis. 2006. Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelaajran Sains- Fisika SMP. Cakrawala Pendidikan, XXV. 1: 1-16. [15] Webb, N.L. 1993. Assesment for The Mathemtics Classroom. Dalam Webb, N.L. & Coxford, A.F. (Eds.), Assessment in The Mathematics Classroom (pp 1-6). Reston, Vriginia: NCTM. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5986 | |
dc.description.abstract | Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model
pembelajaran matematika yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Pembelajaran
ini menekankan siswa untuk menguasai matematika bukan hanya melalui hafalan
yang bersifat sementara, melainkan siswa dibekali penguasaan pengetahuan
matematika untuk menghadapi tantangan masa depan. Pada aktivitas CTL, siswa
mengajukan masalah-masalah kontekstual yang sesuai dengan kehidupan nyata,
kemudian dibimbing secara bertahap oleh guru untuk menemukan solusi
permasalahan dan menguasai konsep-konsep matematika. Selama proses
pembimbingan oleh guru, antarsiswa melakukan diskusi, menerima berbagai
masukan agar mampu mengembangkan konsep yang telah dimiliki. Melalui
CTL, siswa akan terampil untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
Selain itu, kegiatan pembelajaran matematika dengan CTL mampu membuat
siswa berkembang daya nalarnya sehingga menjadi pribadi yang kreatif dan
kritis. Kreativitas matematika siswa terbentuk dengan cara
menghubungkan/menemukan masalah-masalah kontekstual di lingkungan
sekitarnya, kemudian dengan kemampuannya siswa mengkonstruksi, merancang,
dan membuat model matematikanya, kemudian mengkomunikasikan solusi dari
masalah tersebut kepada guru maupun teman-temannya. Kegiatan tersebut
tentunya akan menumbuhkan pikiran kreatif siswa. Oleh karena itu, penerapan
CTL dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif solusi untuk
meningkatkan kemampuan kreativitas matematika siswa dalam menyelesaikan
permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun menciptakan
pengetahuan baru. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Contextual Teaching and Learning (CTL) | in_ID |
dc.subject | kreativitas matematika | in_ID |
dc.title | Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |