Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa
Date
2015-03-07Author
Cahyono, Heri
Mardiyana
Saputro, Dewi Retno Sari
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan
prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI
dengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi, sedang, atau
rendah pada materi pokok fungsi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi tahun
pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random
sampling, sehingga diperoleh siswa pada SMP Negeri 3 Ngrambe, SMP Negeri 2 Paron,
dan SMP Negeri 2 Widodaren sebagai sampel penelitian sebanyak 87 siswa. Instrumen
pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket interaksi sosial siswa.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) satu jalan sel tak
sama.Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan
pendekatan saintifik pada siswa tingkat interaksi sosial tinggi memberikan prestasi belajar
matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial sedang dan
rendah, serta prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial sedang lebih baik
dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial rendah dalam memberikan prestasi
belajar matematika pada materi pokok fungsi.