Pengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk Materi Sistem Koordinat
View/ Open
Date
2015-03-07Author
Zakaria, Pery
Ismail, Sumarno
Kiu, Irmawaty Pebrianni I.
Metadata
Show full item recordAbstract
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seorang guru idealnya harus
mampu mengelola proses pembelajaran yang dapat memotivasi, kreatif, serta inovatif untuk
menciptakan perangkat pembelajaran yang baik untuk peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran instructional video berbasis multimedia untuk
materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media
instructional video untuk sub materi sistem koordinat pada titik. Penelitian pengembangan ini
menggunakan pendekatan deskriptif dan dengan model pengembangan 4D (four D models), yang
meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (desseminate). Tahap penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan
(develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Limboto. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media instructional video berbasis
multimedia adalah valid, peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 98%, dan tes hasil
belajar memberikan informasi bahwa 83% peserta didik yang mencapai syarat ketuntasan. Hal ini
menunjukkan bahwa media instructional video berbasis multimedia dapat digunakan dalam proses
pembelajaran sebagai media pembelajaran yang baik di kelas VIII SMP, dengan didukung oleh
perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara konstruktif. Media ini memiliki peran dalam
meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap penguasaan materi.