Show simple item record

dc.contributor.authorZakaria, Pery
dc.contributor.authorIsmail, Sumarno
dc.contributor.authorKiu, Irmawaty Pebrianni I.
dc.date.accessioned2015-05-18T08:47:52Z
dc.date.available2015-05-18T08:47:52Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Ariani, Niken dan Haryanto, Dany, 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Prestasi Pustaka [2] Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : PT. Rineka Cipta [3] Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. [4] Baharudin, dan Esa Nur Wahyunu. 2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media [5] Bito, Nursia. 2009. Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Sub Materi Pokok Prisma dan Limas Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Tesis. UNESA: Pasca Sarjana. Tidak diterbitkan. [6] Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta : PT Rineka Cipta [7] Fathan, Fitria dkk, 2013. Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dengan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, Volume 1 Nomor 1, ISSN : 2301-721x [8] Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara [9] Herman, Desrianti. 2015. Deskriptif Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Koordinat. Skripsi. UNG : Jurusan Pendidikan Matematika [9] Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media [10] Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning. Yogjakarta : Pusat Pelajar [11] Mulyoto, 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka [12] Munir. 2012. Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alvabeta. [13] Rochmad, Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, Volume 3 Nomor 1, ISSN : 2086-2334 [14] Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : C.V Alfabeta. [15] Sudjana, Nana dan Rivai, Achmad. 2009. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algesnsindo [16] Sukmadinata, Nana Syaodih, 2010. Metode Pnenelitian Pendidikan. Bandung : Rosda Karya [17] Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta [18] Suseno, Putri Utami. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interactive Vido Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untyk Sub Materi Segiempat di Kelas VII SMP. Skripsi. UNG : Jurusan Pendidikan Matematika Tidak diterbitkan [19] Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksarain_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6000
dc.description.abstractSeiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seorang guru idealnya harus mampu mengelola proses pembelajaran yang dapat memotivasi, kreatif, serta inovatif untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang baik untuk peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran instructional video berbasis multimedia untuk materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media instructional video untuk sub materi sistem koordinat pada titik. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan deskriptif dan dengan model pengembangan 4D (four D models), yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Tahap penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Limboto. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media instructional video berbasis multimedia adalah valid, peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 98%, dan tes hasil belajar memberikan informasi bahwa 83% peserta didik yang mencapai syarat ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa media instructional video berbasis multimedia dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran yang baik di kelas VIII SMP, dengan didukung oleh perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara konstruktif. Media ini memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap penguasaan materi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpengembangan media pembelajaranin_ID
dc.subjectinstructional videoin_ID
dc.subjectmodel 4Din_ID
dc.titlePengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk Materi Sistem Koordinatin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record