Pengembangan Bahan Ajar Dimensi Tiga dengan pendeKatan Scientific untuk Siswa
Date
2015-03-07Author
Shulhany, M.A.
Julita, H. Hasanah, R.
Mulyana, T.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa SMA dalam
mempelajari materi dimensi tiga yang disebabkan oleh bahan ajar yang tidak
sesuai dengan lintasan belajar siswa, bahan ajar tersebut hanya berdasarkan
asumsi-asumsi pribadi dari pembuat bahan ajar. Selain itu, pendekatan yang
diberikan oleh bahan ajar harus tidak mampu membuat siswa menjadi aktif dan
membangun pemahamannya sendiri. Salah satu upaya untuk memecahkan
permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Hypotetical
Learning Trajectory (HLT) dengan menggunakan pendekatan scientific.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk tugas-tugas
dalam bahan ajar yang menggunakan pendekatan scientific untuk membantu
siswa SMA dalam memahami definisi, konjektur, dan prosedur pada materi
dimensi tiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
desain, yang terdiri dari preliminary design, experiment, dan retrospective
analysis. Hasil penelitian ini adalah berupa bahan ajar yang berisi tugas-tugas
dimensi tiga yang sesuai dengan HLT siswa, yang dapat membantu siswa
SMA dalam memahami definisi, konjektur dan prosedur pada materi dimensi
tiga.