• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Al-Qur’an sebagai Perantara Penguatan Karakter (Religius, Toleransi dan Disiplin) Mahasiswa FKIP PGSD UMS Angkatan 2012

    Thumbnail
    View/Open
    11_Hana Navi Nugraheni.pdf (111.8Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Nugraheni, Hana Navi
    Erfina, Lina
    Fauzi, Arfan Rifqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Al-Qur’an Sebagai Perantara. Penguatan Karakter Mahasiswa. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012. Permasalahan yang dikaji dalam artikel ilmiah ini adalah; (1) Apakah ada pengaruh membaca al-Qur’an di awal perkuliahan terhadap karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012 ; (2) Bagaimana pembiasaan membaca Al- Qur’an di awal perkuliahan dapat mempengaruhi penguatan karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Adanya pengaruh membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan terhadap karakter Mahasiswa Jurusan PGSD angkatan tahun 2012 UMS; (2) bagaimana pembiasaan membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan dapat mempengaruhi penguatan karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012 UMS. Penelitian ini menggunakan riset perpustakaan (Library research) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter mahasiswa PGSD angkatan tahun 2012, melalui pembiasaan membaca Al- Qur’an di awal perkuliahan,yaitu meliputi : religius, toleransi, dan disiplin, sebagian besar responden pun menjawab positif, yang berarti bahwa adanya keterkaitan positif antara pembiasaan mahasiswa membaca Al-Qur’an, sebelum perkuliahan dengan penguatan karakter mahasiswa PGSD FKIP UMS angkatan 2012. Implikasi pendidikan Al-Qur’an dalam karakter (religius, toleransi dan disiplin) mahasiswa, adalah dengan membiasakan diri membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan dapat menguatkan karakter mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6012
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV