Show simple item record

dc.contributor.authorNugraheni, Hana Navi
dc.contributor.authorErfina, Lina
dc.contributor.authorFauzi, Arfan Rifqi
dc.date.accessioned2015-05-19T07:35:18Z
dc.date.available2015-05-19T07:35:18Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.citationAbdul Majid dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Bambang Q-Anees dan Andang Hambali.2009. Pendidikan Karakter Berbasis Al- Qur’an. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Listyarti, Retno. 2014. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta : Erlangga. Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Sulhan, Najib. 2011. Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa. Surabaya : PT. Temprina Media Grafika.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6012
dc.description.abstractAl-Qur’an Sebagai Perantara. Penguatan Karakter Mahasiswa. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012. Permasalahan yang dikaji dalam artikel ilmiah ini adalah; (1) Apakah ada pengaruh membaca al-Qur’an di awal perkuliahan terhadap karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012 ; (2) Bagaimana pembiasaan membaca Al- Qur’an di awal perkuliahan dapat mempengaruhi penguatan karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Adanya pengaruh membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan terhadap karakter Mahasiswa Jurusan PGSD angkatan tahun 2012 UMS; (2) bagaimana pembiasaan membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan dapat mempengaruhi penguatan karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012 UMS. Penelitian ini menggunakan riset perpustakaan (Library research) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter mahasiswa PGSD angkatan tahun 2012, melalui pembiasaan membaca Al- Qur’an di awal perkuliahan,yaitu meliputi : religius, toleransi, dan disiplin, sebagian besar responden pun menjawab positif, yang berarti bahwa adanya keterkaitan positif antara pembiasaan mahasiswa membaca Al-Qur’an, sebelum perkuliahan dengan penguatan karakter mahasiswa PGSD FKIP UMS angkatan 2012. Implikasi pendidikan Al-Qur’an dalam karakter (religius, toleransi dan disiplin) mahasiswa, adalah dengan membiasakan diri membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan dapat menguatkan karakter mahasiswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPendidikan Karakterin_ID
dc.subjectBerbasis Al-Qur’anin_ID
dc.subjectPenguatan karakter religiusin_ID
dc.subjectToleransi dan disiplinin_ID
dc.titleAl-Qur’an sebagai Perantara Penguatan Karakter (Religius, Toleransi dan Disiplin) Mahasiswa FKIP PGSD UMS Angkatan 2012in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record