• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Pembelajaran berkarakter pada Matapelajaran Bahasa indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta: Kendala dan Solusinya

    Thumbnail
    View/Open
    Artikel Fitri Puji.pdf (941.5Kb)
    Date
    2014-05-03
    Author
    Rahmawati, Fitri Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang cenderung menggunakan pendekatan monolitik dan bersifat top down. Guru hanya menekankan pada pembahasan apa yang ada dalam buku teks, tanpa dikaitkan dengan apa yang ada dan relevan di lingkungan sekolah maupun lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pembelajaran berkarakter pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapannya. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi langsung berperan pasif, wawancara mendalam, dan memberikan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berkarakter pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 10 Surakarta, perencanaan pembelajaran telah tersedia silabus dan RPP, pelaksanaan pembelajaran telah sesuai RPP namun kurang ada variasi dalam penerapan metode, dan pada evaluasi pembelajaran guru telah menyusun rubrik dan format penilaian dalam RPP. Kendala-kendala yang dihadapi, antara lain: kendala dari sekolah, guru, dan siswa. Kendala ini dapat diselesaikan dengan memperbanyak variasi metode dan media pembelajaran, guru mengikuti penataran, pelatihan, dan sejenisnya untuk memperkaya metode pembelajaran, serta memotivasi siswa untuk belajar bahasa Indonesia sehingga bisa mencintai dan menghargainya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6025
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV