Implementasi Pembelajaran berkarakter pada Matapelajaran Bahasa indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta: Kendala dan Solusinya
Abstract
Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang cenderung
menggunakan pendekatan monolitik dan bersifat top down. Guru hanya menekankan
pada pembahasan apa yang ada dalam buku teks, tanpa dikaitkan dengan apa yang
ada dan relevan di lingkungan sekolah maupun lingkungan siswa. Tujuan penelitian
ini ialah mendeskripsikan pembelajaran berkarakter pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta, serta mendeskripsikan kendala dan
solusi yang dihadapi dalam penerapannya. Jenis penelitian ini ialah penelitian
deskriptif kualitatif dengan teknik observasi langsung berperan pasif, wawancara
mendalam, dan memberikan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berkarakter pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 10 Surakarta,
perencanaan pembelajaran telah tersedia silabus dan RPP, pelaksanaan pembelajaran
telah sesuai RPP namun kurang ada variasi dalam penerapan metode, dan pada
evaluasi pembelajaran guru telah menyusun rubrik dan format penilaian dalam RPP.
Kendala-kendala yang dihadapi, antara lain: kendala dari sekolah, guru, dan siswa.
Kendala ini dapat diselesaikan dengan memperbanyak variasi metode dan media
pembelajaran, guru mengikuti penataran, pelatihan, dan sejenisnya untuk
memperkaya metode pembelajaran, serta memotivasi siswa untuk belajar bahasa
Indonesia sehingga bisa mencintai dan menghargainya.