• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif di Kelompok A TK Pertiwi I Jirapan 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Wili Astuti.pdf (207.1Kb)
    Date
    2015-05
    Author
    Astuti, Wili
    Habibah, Ummu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang crusial bagi anak usia dini. Kecerdasan berbahasa atau kecerdasan verbal linguistic merupakan kecerdasan yang pertama kalinya muncul dari seorang anak. Pada dasarnya, penguasaan bahasa Inggris pada anak usia dini sama dengan penguasaan bahasa lainnya pada anak usia dini. Hal ini berdasarkan kepada teori penguasaan bahasa kedua ( second language acquisition atau SLA), bahwa semakin dini seorang anak belajar bahasa kedua, semakin mampu anak tersebut menguasainya. Metode pembelajaran yang interaktif, memungkinkan anak belajar dalam suasana yang menyenangkan, tidak membosankan dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Hal tersebut seringkali dilupakan oleh pengajar bahasa Inggris di TK sehingga penguasaan bahasa Inggris bagi anak usia dini seringkali dianggap kurang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris anak melalui metode pembelajaran yang interaktif, pada anak kelompok A TK Pertiwi I Jirapan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing –masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaantindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif, yaitu data yang dianalisis dilaksanakan sejak pembelajaran dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak melalui kegiatan bernyanyi, yaitu sebeblum tindakan 44,79%, siklus I mengalami peningkatan menjadi 60,83%, siklus II mencapai 80,41%, dan siklus III mencapai 90,20%. Maka kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini ialah melalui kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak kelompok A TK Pertiwi I Jirapan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6030
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV