dc.identifier.citation | Agustin, M .2005. Bermain bagi anak Usia Dini: Permasalahan dan Penanganannya. Jurnal Edukid. Vol 1 Juni 2005 Depdiknas, 2009. Peraturan Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka Dwi W, Junita & Asmawulan, Tri 2007. Perkembangan Fisik Motorik dan Bahasa.Surakarta : UMS Hurlock, Elizabeth B. 2008. Perkembangan Anak ( Edisi keenam ). Jakarta : Erlangga Mardika, I Nyoman. 2009. Pengembangan multimedia dalam pengembangan kosa katabahasa inggris di SD. Surakarta : UMS Musfiroh, Tadkiatun. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas. Masitoh .2003.Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Depdiknas. Dikti. Proyek Peningkatan Pendidik Tenaga Kependidikan Pavel. 2010. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini.http://www.wattsenglish.com/for.teacher/teaching-english-to-children// (diunduh pada 2 November 2012 ). Sheppard, Philip. 2007. Music makes your child smarter (peran music dalamperkembangan anak). Jakarta: Gramedia Pustaka Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet Suyanto, Kasihani K.E. 2012. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara Wiriaatmadja, Rochiati. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. RemajaRosdakarya | in_ID |
dc.description.abstract | Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang crusial bagi anak usia dini.
Kecerdasan berbahasa atau kecerdasan verbal linguistic merupakan kecerdasan yang
pertama kalinya muncul dari seorang anak. Pada dasarnya, penguasaan bahasa
Inggris pada anak usia dini sama dengan penguasaan bahasa lainnya pada anak usia
dini. Hal ini berdasarkan kepada teori penguasaan bahasa kedua ( second language
acquisition atau SLA), bahwa semakin dini seorang anak belajar bahasa kedua,
semakin mampu anak tersebut menguasainya. Metode pembelajaran yang interaktif,
memungkinkan anak belajar dalam suasana yang menyenangkan, tidak membosankan
dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Hal tersebut seringkali dilupakan
oleh pengajar bahasa Inggris di TK sehingga penguasaan bahasa Inggris bagi anak
usia dini seringkali dianggap kurang.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris anak melalui metode pembelajaran
yang interaktif, pada anak kelompok A TK Pertiwi I Jirapan. Penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing –masing siklus terdiri dari empat tahap
yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaantindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif, yaitu data yang dianalisis
dilaksanakan sejak pembelajaran dan dikembangkan selama proses refleksi sampai
proses penyusunan laporan. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu
reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian
menyimpulkan adanya peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak
melalui kegiatan bernyanyi, yaitu sebeblum tindakan 44,79%, siklus I mengalami
peningkatan menjadi 60,83%, siklus II mencapai 80,41%, dan siklus III mencapai
90,20%. Maka kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini ialah melalui kegiatan
bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak
kelompok A TK Pertiwi I Jirapan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini sekaligus
membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya. | in_ID |