Bimbingan Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar
Abstract
Anak berkebutuhan khusus merupakananak-anak yang memiliki keunikan tersendiri
dalam jenis dan karakteristiknya.Sebagai seorang guru selain mengajar juga
membimbing anak berkebutuhan khusus dalam hal belajarnya sehingga potensi dapat
tergali dengan maksimal. Anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan belajar
dapat diberikan bimbingan belajar dengan prinsipprinsip keseluruhan anak, kenyataan,
dinamis, kesempatan yang sama dan kerjasama.Bimbingan belajar berupa adalah
pengembangan sikap dan kebiasaan belajar untuk mencari informasi dari guru dan
berbagai nara sumber, pengembangan dan pementapan disiplin belajar dan berlatih,
pemantapan penguasaan materi proram belajar, pemahaman dan pemanfaatan kondisi
fisik, sosial dan budaya yang ada, informasi pendidikan, cara belajar, pemilihan
jurusan lanjutan sekolah, mengatasi belajar, mengembangkan kemampuan dan
kesanggupan secara optimal dalam pendidikan, membantu siswa Sekolah Dasar
menumbuhkan dan mengembangkan sikap kebiasaan belajar yang baik dalam
menguasai pengetahuan ketrampilan dalam ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta
kelanjutan studi.