dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta ________________. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Budiono. 2009. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press. Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara. ______________. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara Jennifer Santee, PharmD and Linda Garavalia. 2006. PeerTutoring Programsin Health Professions Schools. American Journal of Pharmaceutical Education 2006;70(3)Article70. Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Saragih, Sahat. 2007. Upaya Memperbaiki Miskonsepsi Pembelajaran Analisis Real Melalui Pengajaran Remedial dengan Bantuan Media Peta Konsep dan Tutor Sebaya. Jakarta: Jurnal Edisi Khusus I tahun 13 Agustus 2007 Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional Silberman, Mel. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembeljaran Aktif. Yogyakarta: PT. Insan Madani. Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Balajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.. Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI. Susilo, Herawati, dkk. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bayu Media Tracy Reilly Lawson and Gabrielle Trapenberg. 2007. The effect of implementing a class wide peer tutoring model on social approvals and disapprovals emitted during unstructured free time. The Journal of Early and Intensive Behavioral Intervention, 15, 25-40 UMS.2009. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Press. Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development) | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif berbasis penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas VI SD Negeri Banaran 02 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar yang terdiri dari empat aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15% dan setelah tindakan menjadi 35%, 2) Siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan menjadi 50%, 3) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 10% dan setelah tindakan menjadi 50%. Prestasi belajar sendiri juga mengalami peningkatan sebelum tindakan 45% dan setelah tindakan menjadi 75%. Dengan adanya peningkatan dari empat aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. | en_US |