• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-TOFIQ-(137-144).pdf (120.5Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Nugroho, Tofiq
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 4 Surakarat yang mencerminkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter; mengidentifikasi perubahan sikap siswa dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Data dalam penelitian ini dianalisis secara narasi deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian metode pembelajaran matematika yang di terapakan di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta menggunakan metode pembelajaran yang berfariasi antralian ceramah, diskusi, tutor sebaya, driil soal, dan tanya jawab, hal ini dilakukan dengan melihat kondisi siswa yang akan diberlakukan metode tersebut. Disamping itu guru menerapkan nilai yang menjadikan dasar karakter yang tercermin dalam kegiatan pembelajaran matematika nilai utama yang diterapkan antara lain ketaqwaan, kedisiplinan, toleransi, tanggung jawab, kerja keras, sportif, kreatif dan mandiri. Pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan nilai-nilai dasar karakter bangsa dapat mengubah sikap siswa dalam kehidupan keseharian yang lebih mudah untuk dikendalikan dan berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukan dengan hasil tes yang secara singnifikan naik dan nilai ujian nasional dengan mencapai nilai tertinggi matematika 100 dan nilai rata-rata ujian nasional matematika 8,36, tergolong dalam klasifikasi A.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/606
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV