• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Pendidikan Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    20_Minsih.pdf (89.56Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Minsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perubahan zaman yang semakin dinamis harus didukung unsur hardskil dan softskil. Fungsi softskill harus direvitalisasikan seiring dengan pengembangan hardskill siswa yang semakin pesat, revitalisasi dapat dilakukan dengan diintenalisasikan kedalam karakter siswa melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran didalam kelas. Model konseptual ideal pelaksanaan layanan bimbingan konseling komprehensif di Sekolah Dasar yang merupakan wujud implementasi proses layanan-layanan BK Komprehensif meliputi yaitu layanan dasar bimbingan, layaanan responship, layanan perencanaan individual, dan dukungan sistem yang dilaksanakan di Sekolah Dasar adalah ujud pelaksanaan softskill siswa. Layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang diselenggarakan di Sekolah Dasar biasanya merupakan program pendamping saja yang diperuntukkan bagi seluruh siswa di bawah bimbingan psikolog dan konselor. Layanan ini terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu layanan dasar bimbingan, layanan responsive dan layanan perencanaan individual. Layanan dasar bimbingan merupakan layanan yang diberikan kepada seluruh siswa agar mencapai proses perkembangan diri secara optimal melalui kegiatan-kegiatan secara klasikal yang disajikan secara sistematis. Layanan ini juga bertujuan mencegah terhadap timbulnya permasalahan dalam proses pendidikan di sekolah. Adapun layanan responsif merupakan layanan yang diberikan kepada siswa yang memiliki masalah dan kebutuhan khusus yang memerlukan penanganan tersendiri. Diharapkan fungsi layanan BK ini berjalan bergandengan bersama pelaksanaan kurikulum dalam setiap proses belajar menjar didalam kelas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6066
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV