• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Bermain dan Bersenam Si Buyung untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar dan Penguatan Karakter Anak-Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    19_H. Marzuki.pdf (102.8Kb)
    Date
    2015-05-09
    Author
    Marzuki
    Sri Utami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu pendekatan dalam kegiatan belajar di Taman- Kanak-Kanak (TK) dan di kelas rendah (SD) adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Ciri-ciri dunia anak usia sekolah kelas rendah antara 6-8 tahun dan hampir sebagian besar waktunya mereka gunakan untuk bermain. Dengan bermain itulah anak-anak SD kelas rendah tumbuh dan berkembang seluruh aspek-aspek perkembangan dirinya. Sifat anak berumur 6-8 tahun, antara lain (a) memiliki keinginan selalu bermain; (b) pikiran kayal yang selalu hidup meliputi jiwanya, dan (c) selalu bergantian timbulnya pikiran khayal itu. Dunia bermain sangat menyenangkan bagi anak-anak, bahkan melalui kegiatan bermain atau bersenam dapat mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, seperti melompat, melempar, menangkap, berlari – berkejar - kejaran, menendang, dan lain-lainnya. Salah satu cara pengembangan motorik kasar dan penguatan karakter anak-anak dapat dilakukan melalui kegiatan bermain dan bersenam dengan “Model Senam Si Buyung”. Senam model “Si Buyung” ini melalui bentuk cerita khayalan dan kemudian anak-anak melaksanakan/ menirukan gerakan-gerakan sesuai dengan imajinasi mereka sendiri berdasarkan alur cerita yang diungkapkan oleh guru Penjas atau guru kelasnya. Melalui bermain dan “ Senam Si Buyung” , di samping dapat mengembangkan koordinasi fisik atau gerak otot, dapat menguatkan karakter / budi pekerti anak-anak seperti mengembangkan kreativitas gerak, menghaluskan keterampilan sosial dan berbahasa serta membangun konsep kerjasama, saling menghargai, mentaati aturan permainan dan kompetisi atau lomba dengan sportif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6067
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV