Show simple item record

dc.contributor.authorMarzuki
dc.contributor.authorSri Utami
dc.date.accessioned2015-06-03T07:56:39Z
dc.date.available2015-06-03T07:56:39Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.citationMarzuki, dkk. 2012. Teori dan Praktik Pendidikan Jasmani dan Keshatan. Pontianak: Universitas Tanjung Pura. Montolalu, 2007. Bermain dan permainan Anak. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. Yuke Indriati. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6067
dc.description.abstractSalah satu pendekatan dalam kegiatan belajar di Taman- Kanak-Kanak (TK) dan di kelas rendah (SD) adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Ciri-ciri dunia anak usia sekolah kelas rendah antara 6-8 tahun dan hampir sebagian besar waktunya mereka gunakan untuk bermain. Dengan bermain itulah anak-anak SD kelas rendah tumbuh dan berkembang seluruh aspek-aspek perkembangan dirinya. Sifat anak berumur 6-8 tahun, antara lain (a) memiliki keinginan selalu bermain; (b) pikiran kayal yang selalu hidup meliputi jiwanya, dan (c) selalu bergantian timbulnya pikiran khayal itu. Dunia bermain sangat menyenangkan bagi anak-anak, bahkan melalui kegiatan bermain atau bersenam dapat mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, seperti melompat, melempar, menangkap, berlari – berkejar - kejaran, menendang, dan lain-lainnya. Salah satu cara pengembangan motorik kasar dan penguatan karakter anak-anak dapat dilakukan melalui kegiatan bermain dan bersenam dengan “Model Senam Si Buyung”. Senam model “Si Buyung” ini melalui bentuk cerita khayalan dan kemudian anak-anak melaksanakan/ menirukan gerakan-gerakan sesuai dengan imajinasi mereka sendiri berdasarkan alur cerita yang diungkapkan oleh guru Penjas atau guru kelasnya. Melalui bermain dan “ Senam Si Buyung” , di samping dapat mengembangkan koordinasi fisik atau gerak otot, dapat menguatkan karakter / budi pekerti anak-anak seperti mengembangkan kreativitas gerak, menghaluskan keterampilan sosial dan berbahasa serta membangun konsep kerjasama, saling menghargai, mentaati aturan permainan dan kompetisi atau lomba dengan sportif.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectSenam Si Buyungin_ID
dc.subjectmotorik kasarin_ID
dc.subjectpenguatan karakterin_ID
dc.titleBermain dan Bersenam Si Buyung untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar dan Penguatan Karakter Anak-Anak Kelas Rendah Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record