Pemilihan Kompetensi Keahlian Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Peluang Kerja dan Dukungan Orang Tua pada Siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi peluang kerja
terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi
SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015; 2) Pengaruh dukungan orang tua terhadap
pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri
6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015; 3) Pengaruh persepsi peluang kerja dan dukungan orang
tua terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi
SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan desain penelitian
non eksperimental-survey. Populasi penelitian adalah siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK
Negeri 6 Surakarta angkatan 2014/2015 sebanyak 309 siswa. Sampel diambil sebanyak 161 siswa
dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien
determinasi dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 26,167 + 0,328X1 +
0,300X2 . Persamaan ini menunjukkan bahwa pemilihan kompetensi keahlian akuntansi
dipengaruhi oleh persepsi peluang kerja dan dukungan orang tua. Kesimpulan yang diambil
adalah: 1) Ada pengaruh yang positif persepsi peluang kerja terhadap pemilihan kompetensi
keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun
ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa
thitung > ttabel yaitu 5,702 > 1,975 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan
efektif sebesar 19,35%. 2) Ada pengaruh yang positif dukungan orang tua terhadap pemilihan
kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6
Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t)
diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,308 > 1,975 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan
sumbangan efektif sebesar 17,15%. 3) Ada pengaruh yang positif persepsi peluang kerja dan
dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi
siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal
ini berdasarkan analisis uji F yaitu diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 45,352 > 3,06 dan nilai
signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,365 menunjukkan
bahwa besarnya pengaruh persepsi peluang kerja dan dukungan orang tua adalah sebesar 36,5%
sedangkan 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.