Show simple item record

dc.contributor.authorAsmawati, Titik
dc.contributor.authorUtami, Dewi Tri
dc.date.accessioned2015-06-15T01:59:18Z
dc.date.available2015-06-15T01:59:18Z
dc.date.issued2015-06-13
dc.identifier.citationGilarso. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 Pasal 15. Jakarta Hurlock, Elizabeth. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta ________. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta Sutrisno. 2006. Akuntansi Proses Penyusunan Laporan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisiain_ID
dc.identifier.issn2460-0784
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6074
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi peluang kerja terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015; 2) Pengaruh dukungan orang tua terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015; 3) Pengaruh persepsi peluang kerja dan dukungan orang tua terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan desain penelitian non eksperimental-survey. Populasi penelitian adalah siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta angkatan 2014/2015 sebanyak 309 siswa. Sampel diambil sebanyak 161 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 26,167 + 0,328X1 + 0,300X2 . Persamaan ini menunjukkan bahwa pemilihan kompetensi keahlian akuntansi dipengaruhi oleh persepsi peluang kerja dan dukungan orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif persepsi peluang kerja terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,702 > 1,975 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 19,35%. 2) Ada pengaruh yang positif dukungan orang tua terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi pada siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,308 > 1,975 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 17,15%. 3) Ada pengaruh yang positif persepsi peluang kerja dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap pemilihan kompetensi keahlian akuntansi siswa kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis uji F yaitu diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 45,352 > 3,06 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,365 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi peluang kerja dan dukungan orang tua adalah sebesar 36,5% sedangkan 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpemilihan kompetensi keahlian akuntansiin_ID
dc.subjectpersepsi peluang kerjain_ID
dc.subjectdukungan orang tuain_ID
dc.titlePemilihan Kompetensi Keahlian Akuntansi Ditinjau dari Persepsi Peluang Kerja dan Dukungan Orang Tua pada Siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record