• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ISETH (International Conference on Science, Technology, and Humanity)
    • ISETH 2015 (The 1st International Conference on Science, Technology, and Humanity)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ISETH (International Conference on Science, Technology, and Humanity)
    • ISETH 2015 (The 1st International Conference on Science, Technology, and Humanity)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar I Melalui Strategi Snow Balling (PTK pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Semester V Kelas E Tahun Akademik 2014/2015)

    Thumbnail
    View/Open
    12_Zakian 108_114.pdf (47.32Kb)
    Date
    2015-05-10
    Author
    Fadlen, M. Zakiyan
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Pelaksanaan tindakan kelas dibagi menjadi dua siklus. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas E yang berjumlah 34 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun akademik 2014/2015. Sedangkan subyek pelaksana tindakan dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah struktur aljabar I. Metode pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 1). Keaktifan mahasiswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat pada siklus I sebanyak 8 mahasiswa (23,52%), pada siklus II menjadi 20 mahasiswa (58,82%), 2). Keaktifan mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I sebanyak 7 mahasiswa (20,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%), 3). Keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi kelompok pada siklus I sebanyak 24 mahasiswa (70,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%). Dari tiap siklus, terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Snow Balling dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6128
    Collections
    • ISETH 2015 (The 1st International Conference on Science, Technology, and Humanity)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV