dc.identifier.citation | [1] B Uno, Hamzah, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. [2] Haryono, Joko B dan Herry A Susanto. 2013. Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Bersbasis Masalah Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Prosiding. ISBN: 978-979-16353-4. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo [3] Saputra, Davis, dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Jurnal Nasional. STKIP PGRI SUMBAR. [4] Sari, Denis P dan Rustanto Rahardi. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Negeri 1 Turen Pada Pokok Bahasan Turunan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Nasional. Universitas Negeri Malang. [5] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. [6] Zaini, Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa
dalam mata kuliah struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling.
Pelaksanaan tindakan kelas dibagi menjadi dua siklus. Subyek penerima
tindakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas E yang
berjumlah 34 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS
tahun akademik 2014/2015. Sedangkan subyek pelaksana tindakan dalam
penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah struktur aljabar I. Metode
pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa indikator 1). Keaktifan mahasiswa dalam bertanya dan
menyampaikan pendapat pada siklus I sebanyak 8 mahasiswa (23,52%), pada
siklus II menjadi 20 mahasiswa (58,82%), 2). Keaktifan mahasiswa dalam
mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I sebanyak 7 mahasiswa
(20,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%), 3). Keaktifan
mahasiswa dalam berdiskusi kelompok pada siklus I sebanyak 24 mahasiswa
(70,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%). Dari tiap siklus,
terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar
I melalui strategi Snow Balling. Dapat disimpulkan bahwa melalui strategi
Snow Balling dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dalam
pembelajaran struktur aljabar I. | in_ID |