Show simple item record

dc.contributor.authorTukaryanto
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2015-06-20T02:02:33Z
dc.date.available2015-06-20T02:02:33Z
dc.date.issued2015-05-10
dc.identifier.citation[1]. Darkasyi. M dkk. 2014. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri Lhokseumawe”. Jurnal Didaktik Matematika Vol.1 No.1 [2]. Euphony F. Y. Yang, dkk. 2010. “The Effectiveness of Inductive Discovery Learning in 1: 1 Mathematics Classroom”. ICCE: Asia Pacific Society for Computers in Education. [3]. Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran : Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras. [4]. Illahi, M. Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Learning Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva press. [5]. Marlina dkk. 2014. “ Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireun”. Jurnal Didaktik Matematika Vol 1 No. 1. 83 -95. [6]. National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. “Principles and Standarts for School Mathematics”. (Online). http://www.nctm.org/standards/content.aspx?id=16909, diakses pada 6 November 2014. [7]. Rahman, Risqi dan Samsul Maarif. 2014. “Pengaruh Penggunaaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat”. INFINITY Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 3 No 1. 33-58. [8]. Rezak, J Cathrine. 2009. “Improving Corporate Training Results with Discovery Learning Methodology”. (Online), http://paradigmlearningconsulting.org/, diakses tanggal 6 November 2014. [9]. Sutama. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Surakarta: Fairuz Media.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.719.934.7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6130
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sawit melalui penerapan pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas VIIIC sebagai penerima tindakan dan guru matematika sebagai pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa menjelaskan ide/ gagasan secara lisan atau tulisan dari 25% meningkat menjadi 78,57%, 2) kemampuan siswa menyatakan suatu situasi, gambar, diagram, atau benda nyata ke dalam bahasa, simbol, ide, atau model matematika dan atau sebaliknya dari 25% meningkat menjadi 82,18%, 3) kemampuan siswa mendengarkan dan berdiskusi tentang matematika dari 25% meningkat menjadi 82,18 %. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari 1) antusias siswa mengikuti pembelajaran dari 21,43% meningkat menjadi 85,71%, 2) siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas dari guru dari 28,57% meningkat menjadi 89,28%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectdiscovery learningin_ID
dc.subjectkomunikasiin_ID
dc.subjectmotivasi belajarin_ID
dc.subjectsaintifikin_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learningin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record