Show simple item record

dc.contributor.authorMuklis, Yoga Muhamad
dc.contributor.authorOktora, Siwi Rimayani
dc.date.accessioned2015-06-20T02:08:32Z
dc.date.available2015-06-20T02:08:32Z
dc.date.issued2015-05-10
dc.identifier.citation[1] Das Salirawati. 2014. Kurikulum 2013 Antara Harapan dan Kenyataan. Seminar Nasional Auditorium Muhammad Djasman UMS. Surakarta. tanggal 14 Mei 2014. [2] Delil, Huseyin. 2006. An Analysis og Geometry Problems in 6-8 Grades Turkish Mathematics Bukus, Phd thesis. Middle East technical University, Middle East, Turkey [3] Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Jakarta: BPSDMP dan PMP Kemdikbud. [4] Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. [5] Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud [6] Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2 Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud [7] Mullis, Michael O. Martin, Graham J. Ruddock, Christine Y. O'Sullivan, and Corinna Preuschoff. 2009. The TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Boston Collage, USA: TIMSS & PIRLS International Study Center [8] Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [9] Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika: Konsep dan Aplikasinya utuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.719.934.7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6132
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbandingan soal-soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari domain kognitif. Domain kognitif dikategorikan menjadi tiga, yaitu knowing, applying, dan reasoning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan soal pada BSE. Analisis domain kognitif disajikan dalam bentuk tabel kemudian dibuat dalam bentuk diagram dan dikomparasikan sehingga diperoleh simpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) ditinjau dari domain kognitif dominan pada applying sebesar 41.01%; (2) soal pada BSE ditinjau dari domain kognitif dominan pada knowing sebesar 52.50%; (3) perbandingan antara buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari domain kognitif menunjukkan knowing lebih dilatihkan pada BSE, sedangkan applying dan reasoning lebih dilatihkan pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectanalisis soalin_ID
dc.subjectbuku siswa kurikulum 2013in_ID
dc.subjectBSEin_ID
dc.subjectdomain kognitifin_ID
dc.titleAnalisis Deskriptif Soal-Soal dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Ditinjau dari Domain Kognitif TIMSS 2011in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record