dc.contributor.author | Muklis, Yoga Muhamad | |
dc.contributor.author | Oktora, Siwi Rimayani | |
dc.date.accessioned | 2015-06-20T02:08:32Z | |
dc.date.available | 2015-06-20T02:08:32Z | |
dc.date.issued | 2015-05-10 | |
dc.identifier.citation | [1] Das Salirawati. 2014. Kurikulum 2013 Antara Harapan dan Kenyataan. Seminar Nasional Auditorium Muhammad Djasman UMS. Surakarta. tanggal 14 Mei 2014. [2] Delil, Huseyin. 2006. An Analysis og Geometry Problems in 6-8 Grades Turkish Mathematics Bukus, Phd thesis. Middle East technical University, Middle East, Turkey [3] Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Jakarta: BPSDMP dan PMP Kemdikbud. [4] Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. [5] Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud [6] Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2 Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud [7] Mullis, Michael O. Martin, Graham J. Ruddock, Christine Y. O'Sullivan, and Corinna Preuschoff. 2009. The TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Boston Collage, USA: TIMSS & PIRLS International Study Center [8] Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [9] Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika: Konsep dan Aplikasinya utuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.719.934.7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6132 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbandingan
soal-soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari
domain kognitif. Domain kognitif dikategorikan menjadi tiga, yaitu knowing,
applying, dan reasoning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis soal pada buku
Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan soal pada BSE. Analisis domain kognitif
disajikan dalam bentuk tabel kemudian dibuat dalam bentuk diagram dan
dikomparasikan sehingga diperoleh simpulan. Hasil analisis menunjukkan
bahwa: (1) soal pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) ditinjau dari domain
kognitif dominan pada applying sebesar 41.01%; (2) soal pada BSE ditinjau
dari domain kognitif dominan pada knowing sebesar 52.50%; (3) perbandingan
antara buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE ditinjau dari domain
kognitif menunjukkan knowing lebih dilatihkan pada BSE, sedangkan applying
dan reasoning lebih dilatihkan pada buku Kurikulum 2013 (Edisi Revisi). | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | analisis soal | in_ID |
dc.subject | buku siswa kurikulum 2013 | in_ID |
dc.subject | BSE | in_ID |
dc.subject | domain kognitif | in_ID |
dc.title | Analisis Deskriptif Soal-Soal dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Ditinjau dari Domain Kognitif TIMSS 2011 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |