Show simple item record

dc.contributor.authorFatimah, Siti Nur
dc.contributor.authorKhotimah, Rita P.
dc.date.accessioned2015-06-20T02:17:59Z
dc.date.available2015-06-20T02:17:59Z
dc.date.issued2015-05-10
dc.identifier.citationAbdurrahman, Mulyono. 2006. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta. Anzelmo-Skelton, Nicki. 2006. Learning Style, Strategy Use, Personalization of Mathematical Word Problem and Responses of Students with Learning Disabilities. International Journal of Special Education.Vol. 21.No.1. Page. 249. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta. Huda, Nizle, Angel Gustina Kencana. 2013. “Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi”. Pendidikan Matematika FMIPA FKIP Universitas Jambi.Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar khusus. Yogyakarta: Nuha Litera. Muncarno.2008. Penerapan Model penyelesaian Soal Cerita dengan Langkah- Langkah Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SMP.Jurnal Nuansa Pendidikan. Vol.VI. No.1. Nasucha, Yakub, dkk. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa. Rindyana, Bunga Suci Bintara, Tjang Daniel Chandra. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu).Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhita, rintis. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1. No. 2. Hal. 45. Verikios, Petroes, Vassilika Farmaki. 2010. From Equation to Inequality using a Fuction-based Approach. International Journal of Mathematics Education in science and Technology. Vol. 41. No. 4. Hal. 527. Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Jakarta: Depdiknas.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.719.934.7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6134
dc.description.abstractPenelitian bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X di SMK Prawira Marta Kartasura dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan dan pertidaksamaan linier.Jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subyek penelitian yaitu siswa kelas X-AP1 yang berjumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Validitas data dengan triangulasi metode.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan dan pertidaksamaan linier meliputikesulitan memahami soal cerita, kesulitan mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika, kesulitan menyelesaikan model matematika menggunakan eliminasi dan substitusi, dan kesulitan menyelesaikan model matematika dengan grafik. Faktor penyebabnya adalah siswa belum memahami konsep dan belum mampu memaknai kalimat yang disajikan, belum mampu memahami isi dari soal yang diberikan, belum menguasai konsep penggunaan eliminasi dan substitusi, kurang teliti melakukan operasi bentuk aljabar, belum menguasai konsep membuat grafik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectAnalisis kesulitanin_ID
dc.subjectSoal ceritain_ID
dc.titleAnalisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier di Kelas X SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record