Show simple item record

dc.contributor.authorKartikasari, Merisa
dc.contributor.authorKhotimah, Rita Pramujiyanti
dc.date.accessioned2015-06-20T02:30:46Z
dc.date.available2015-06-20T02:30:46Z
dc.date.issued2015-05-10
dc.identifier.citationAgustina, Rima Putri. 2014. PISA 2012: Siswa Indonesia Miskin Kemampuan Bernalar. Accessed Februari 17, 2015. http://blogs.itb.ac.id/appledore/2014/02/18/32/. Bloom, Jefrey W. 2010. "Systems Thinking, Pattern Thinking, and Abductive Thinking as the Key Elements of Complexs Learning." the annual meeting of the American Educational Research Association. Northern Arizona University. 1-28. Candiasa, I Made. 2002. "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Memogram Komputer Eksperimen pada Mahasiswa IKIP Singaraja (2002)." Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. 4 (3): 1-36. Darmanta, Victoria Dara, and Aryanti Tri Wrastari. 2014. "Profil Gaya Belajar Guru SMP dan SMA di Surabaya Dikaji dari Faktor Sosiodemorafis." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan 3 (2): 136-149. Hashim, Shahabudin, Mahani Razali, and Ramlah Jantan. 2006. Psikologi Pendidikan. Kuala Lumpur: Professional . Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humastika. Hinduan, Achmad, Wawan Setiawan, Parsaoran Siahaan, and Iyon Suyan. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Yogyakarta: IMTIMA. Montessori, Maria. 2006. "Pola Pikir Guru SMA Tentang Perannya dalam Mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan." Forum Pendidikan 31 (1): 1- 12. Ngilawajan, Darma Andreas. 2013. "Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent." Pedagogia 2 (1): 71-83. Nugroho, Yustinus Joko Dwi. 2009. "Efek Brain GYM dalam Meningkatkan Perhatian Anak Attention Defisit Disorder (ADD)." Jurnal Psikohumanika Volume 02 (01). Penger, Sandra, and Metka Tekavcic. 2009. "Testing Dunn & Dunn's and Honey & Mumford's Learning Style Theories: The Case of The Slovenian Higher Education System." Management 14 (2): 1-20. Prastiti, Sawitri Dwi, and Sri Pujiningsih. 2009. "pengaruh faktor Prefensi Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa." Jurnal Ekonomi Bisnis 14 (3): 224 - 231. Smith, Edward E., and Stephen M. Kosslyn. 2014. Psikologi Kognitif Pikiran dan Otak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Solso, Robert L., Otto H. Maclin Maclin, and M. Kimberly. 2008. Psikologi Kognitif Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga. Widhi, Nograhany. 2013. Ini Peringkat Kemampuan Matematika Siswa di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? Desember 04. Accessed Februari 17, 2015. http://news.detik.com/read/2013/12/04/144949/2432402/10/10/iniperingkat- kemampuan-matematika-siswa-di-dunia-indonesia-nomorberapa. Zahroh, Umy, and Beni Asyhar. 2014. "Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Bijektif." Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 2 (1): 72-80.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.719.934.7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6137
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD)dan gaya belajarReflectors. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas VE Pendidikan Matematika FKIP UMS. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan triangulasi metodologis dengan menggabungkan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pikir mahasiswa kelas VE Pendidikan Matematika FKIP UMS dalam menyelesaikan permasalahan persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif FD dan gaya belajar Reflectorsmenunjukkan bahwa mahasiswa memperoleh informasi dengan cara membaca lalu memusatkan perhatian dengan menuliskan informasi dalam soal. Pada perencanaan masalah, mahasiswa melakukan penalaran analogis dari soal lesson study ke soal tes pemecahan masalah serta melaksanakan rencana sesuai interpretasi dan persepsi awal mereka. Pada langkah memeriksa kembali jawaban, mahasiswa tidak memeriksa jawaban secara tertulis.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectfield dependentin_ID
dc.subjectpola pikirin_ID
dc.subjectreflectorsin_ID
dc.titlePola Pikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Gaya Belajar Reflectorsin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record