dc.contributor.author | Wardoyo, Ali | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2015-06-20T02:36:37Z | |
dc.date.available | 2015-06-20T02:36:37Z | |
dc.date.issued | 2015-05-10 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. .2008a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. .2008b. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Azlina, N. A. Nik. (2010). CETLs : Supporting Collaborative Activities Among Students and Teachers Through the Use of ThinkPair-Share Techniques. International Journal of Computer Science Issues, 7 (5): 18- 29. Universitas Kuala Lumpur Ghufron, M. Nur & Rini Risnawati, S. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Puataka Pelajar. Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Kusuma, Febrian Widya dkk. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2): 43- 63.Universitas Negeri Yogyakarta Majumdar, Rwitajit., Khotiya, Aditi dkk. (2013). Effect of Think-Pair-Share in a Large CS1 Class: 83% Sustained Engagement. Information and Computer Education Reaserch, (12) Inter-Dicliplinary Programme in Educational Technology. Bombay India Marlina dkk. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika ,1(1):83-93. Universitas Syah Kuala Banda Aceh Mufidah, Lailatul dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biswa pada Pokok Bahasan Matriks.Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1):117-124. STKIP PGRI Sidoarjo Nurnawati, Enis dkk. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 1-7. Universitas Negeri Semarang Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi mengajar. Jakarta : Rajawali Pers. Siburian, Tiur Asih. (2013). Improving Student’s achievement on Writing Describtive Text Through Think Pair Share. International Journal of Lenguage Learning and Applied Linguistics World, 3 (3): 30-43. Universitas Negeri Medan Sugiarto, Dino dan Puji Sumarsono. (2014). The Implementation of Think-Pair- Share Model to Improve Students’ Ability in Reading Narrative Texts. International Journal of English and Education, 3(3): 206-215. Universitas Muhammadiyah Malang Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama. Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media. Susilo, Frans. 2012. Landasan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sutopo, HB. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.719.934.7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6139 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa
melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah dosen dan
mahasiswa semester I A Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS yang
berjumlah 39 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode
wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Valididas data menggunakan Source Triangulation
(Triangulasi Sumber) dan Technic Triangulation (Triangulasi Teknik). Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut : (1) aktivitas
mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan sebanyak 8 mahasiswa (20,51%),
setelah tindakan menjadi 24 mahasiswa (61,53%); (2) aktivitas mahasiswa dalam
menjawab pertanyaan sebanyak 14 mahasiswa (35,90%), setelah tindakan menjadi
27 mahasiswa (69,23%); (3) aktivitas mahasiswa dalam mengemukakan pendapat
sebanyak 13 mahasiswa (33,3%), setelah tindakan menjadi 23 mahasiswa
(58,97%); (4) aktivitas mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas
sebanyak 5 mahasiswa (12,82%), setelah tindakan menjadi 22 mahasiswa
(56,41%); (5) hasil belajar mahasiswa, yang ditandai dengan nilai ulangan harian
≥ 65 sebanyak 14 mahasiswa (35,90%), setelah tindakan menjadi 34 mahasiswa
(87,17%). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester I A Program
Studi Pendidikan Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun ajaran 2014/2015. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | model pembelajaran think pair share (TPS) | in_ID |
dc.subject | aktivitas belajar | in_ID |
dc.subject | hasil belajar. | in_ID |
dc.title | Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |