Model Pembelajaran Inovatif "Beradu Pantun” sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Memproduksi Teks Pantun dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK
Abstract
Pada kurikulum 2013 penyajian materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK hampir seluruhnya berubah dan berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Hal ini yang menjadikan guru harus bekerja keras untuk belajar dan membelajarkan siswa dengan materi yang serba baru tersebut. Usaha-usaha yang dilakukan guru diantaranya dengan menciptakan inovasi model pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Model “Beradu Pantun” merupakan perpaduan dari model pembelajaran sinektik dan model mitra-mitra dalam pembelajaran. Pengembangan atau perpaduan dua model pembelajaran ini dimaksudkan untuk menciptakan model pembelajaran baru yang lebih inovatif dalam keterampilan menulis serta membawa manfaat bagi pihak yang membutuhkan. Model pembelajaran yang disebut “Beradu Pantun” ini memiliki beberapa karakteristik, diantaranya mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif, melatih siswa dalam bekerjasama dan bersosialisasi, menumbuhkan mental (keberanian) siswa untuk berkomunikasi di dalam forum, serta menyenangkan. Sintagmatik model “Beradu Pantun” ini yaitu amati, identifikasi, produksi, telaah, dan apresiasi.