Browsing Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 by Title
Now showing items 1-20 of 38
-
Akselerasi Peningkatan Mutu Proses Pendidikan di Nusa Tenggara Barat Berbasis Budaya Lokal Menuju Masyarakat Literasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Masalah logis yang dikaji dalam tulisan ini adalah fakta munculnya berbagai persoalan pendidikan khususnya mutu proses pendidikan pada masyarakat NTB. Satu sisi dari tahun ke tahun, meski mengalami peningkatan namun masih ... -
Bahasa Indonesia dalam Model Pembelajaran Integratif dan Media Pembelajaran Inovatif Serta Kaitannya dengan Kecakapan Hidup (Life Skills)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran integratif dan media inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta relevansinya dengan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini berupa studi pustaka. ... -
Budaya Literasi Kunci Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa hanya dimiliki oleh manusia. Seperti halnya bahasa Indonesia yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia. Namun saat ini, bahasa Indonesia bukanlah milik seluruh rakyat Indonesia, tapi hanya dimiliki oleh para akademisi ... -
Eksistensi Bahasa Indonesia di Mata Dunia pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar agar bahasa Indonesia menjadi tuan rumah di negara sendiri adalah tugas kita bersama. Eksistensi bahasa Indonesia harus diperkuat sehingga dapat hadir di forum internasional. ... -
Evaluasi Autentik terhadap Penilaian Pembelajaran Sastra Tradisional pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Salah satu teknik penilaian yang memiliki relevansi kuat dengan pendekatan saintifik seperti dalam pembelajaran sastra tradisional adalah penilaian otentik. Dalam pembelajaran bahasa, penilaian otentik tidak sekadar ... -
Implementasi Prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Pemerolehan Bahasa Melalui Metode Pembiasaan di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pembelajaran tidak hanya berlaku di sekolah saja, namun di luar lingkungan sekolah, pembelajaranpun berlaku dalam hal apapun. Dimana yang kita ketahui tentang pembelajaran adalah sesuatu yang secara sengaja atau tidak ... -
Industri Kreatif Literasi (IKL) pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan salah satu dampak dari adanya globalisasi. Arus globalisasi yang tidak dapat dibendung, senantiasa menuntut ruang gerak yang dinamis dalam segala aspek kehidupan. MEA dalam konteks ... -
Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata yang mengekspresikan, menyatakan atau menyampaikan maksud, ide, gagasan, pikiran, serta perasaan yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan ... -
Inovasi Pembelajaran Menulis Cerita dengan Memanfaatkan Model Bersafari bagi Peserta Didik Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pada dasarnya kemampuan menulis sangat diperlukan dalam kehidupan nyata.Misalnya menulis untuk berbagai macam tulisan, baik fiksi dan non fiksi.Seperti halnya yang terjadi dalam kegiatan menulis cerita.Menulis ceritamerupakan ... -
Kartif Kakising Alternatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN Kebakkramat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011-12-19)Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat.Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat. ... -
Kolaborasi Trilogi Bahasa sebagai Modal Keberjayaan Masyarakat dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Keberadaan bahasa dalam kehidupan manusia menjadi sesuatu yang tidak bisa dipungkiri. Bahasa mampu menjadi alat perjuangan, mampu digunakan sebagai sarana penyampaian ide, dan masih banyak lagi signifikansi bahasa lainnya. ... -
Konsistensi Persepsi Pengembangan Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Tulisan ini merupakan bagian dari proses pemikiran adanya fakta pemakaian bahasa Indonesia di masyarakat dan persepsi pemahaman para konseptor teoritik kebahasaan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tampak belum ... -
Kritik Sosial dalam Cerpen Ketika Angin Mati Karya Indra Tranggono dan Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kritik sosial cerpen Ketika Angin Mati karya Indra Tranggono dan menjelaskan relevansinya sebagai bahan ajar di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. ... -
Menilik Keberadaan Bahasa (Sastra) Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa Indonesia menjadi bahasa penghela ilmu pengetahuan pada Kurikulum 2013 telah terlebih dahulu melalui perjalanan yang sangat panjang. Perjalanan bahasa Indonesia diawali sebagai bahasa persatuan di tahun 1928, bahasa ... -
Menuju Kualitas Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Kebangsaan dalam Menyongsong Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pendidikan merupakan sebuah strategi mencerdasakan manusia. Kecerdasan manusia menunjukkan identitas sebuah bangsa. Pendidikan yang berkualitas menunjukkan jati diri bangsa yang berkualitas pula. Bangsa Indonesia sebagai ... -
Metode Pembelajaran Self Directed Learning Berbasis ICT dengan Pemanfaatan Game Android Berkarakter untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Di Indonesia game masih menjadi aikon unggulan dibanding dengan materi ajar terutama di budaya kota. Pada masyarakat budaya kota ini ditandai oleh (1) Orientasi kehidupan ke masa depan; (2) Lebih bersifat rasional, pragmatis ... -
Model Cinta sebagai Inovasi Model Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Pengoptimalan Keterampilan Menulis Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Paradigma baru pembelajaran bahasa Indonesia saat ini tengah diupayakan untuk mengubah orientasi pembelajaran bahasa yang teoretis gramatikal ke arah fungsi komunikatif. Berkaitan dengan model pembelajaran, menurut paradigma ... -
Model Ikol: Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Model IKOL merupakan perpaduan dua model pembelajaran, yaitu model investigasi kelompok dan model organisasi lanjutan. Perpaduan dua model ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja siswa dalam pembelajaran sekaligus mampu ... -
Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Menyimak merupakan langkah awal dari proses pembelajaran berbahasa. Menyimak juga merupakan keterampilan yang pertama kali dipelajari dan dikuasai manusia. Berkaitan dengan kemampuan menyimak ini, siswa harus mampu mengingat ... -
Model Pembelajaran Inovatif "Beradu Pantun” sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Memproduksi Teks Pantun dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pada kurikulum 2013 penyajian materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK hampir seluruhnya berubah dan berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Hal ini yang menjadikan guru harus bekerja keras untuk belajar dan ...