Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Budaya Literasi di Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2015-12-19Author
Saifudin, M. Fakhrur
Safitri, Iis Ani
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan langkah awal dalam menggamit pelajaran lain di jenjang pendidikan dimulai dari tingkat dasar. Pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi indikator keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia. Melalui budaya literasi, siswa diharapkan mampu mengadaptasi sebuah bahasa sesuai dengan lingkup kompetensi yang diharapkan. Simpulan dari pembahasan ini adalah budaya literasi dilakukan sebagai upaya untuk membudayakan pemahaman ilmu pengetahuan dalam ranah pembelajaran. Pembelajaran efektif dimulai dengan kesadaran tentang literasi sebagai sumber belajar yang dapat dieksplorasi secara mandiri dan tidak terbatas. Dengan demikian, kompetensi dasar pembelajaran bahasa Indonesia dapat diraih dengan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dalam konteks budaya literasi yang telah diterapkan.